tips cara merawat komputer yang mudah dan cepat



TIPS KHUSUS CARA-CARA MERAWAT  KOMPUTER



TIPS KHUSUS CARA MERAWAT KOMPUTER

Berikut ini adalah tips-tips bagaimana merawat komputer dengan baik : 



1. Bersihkan CPU Komputer


Bila Komputer Anda ingin terus awet dan tidak mudah rusak, bersihkanlah PC Komputer dengan teratur secara optimal dalam waktu minimal 6 bln sekali. Karena apabila CPU Anda tidak dibersihkan dari kotoran debu, maka bagian dalam pada CPU akan berdebu serta beresiko pada rusaknya temperatur atau suhu pada komputer Anda. Caranya dengan membuka casing PC lalu bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral yang lain. Pembersihan dapat memakai sikat halus (kuas cat). Lakukanlah ini setiap enam bulan sekali.


 2. Janganlah Pakai Internet Saat Hujan Lebat

TIPS KHUSUS CARA MERAWAT KOMPUTER

 


Karena pada umumnya koneksi internet sangat berpengaruh pada kondisi cuaca. Di kawatirkan bila Anda memakai internet pada komputer Anda sewaktu hujan, bisa menyebabkan jaringan komputer akan tersambar petir serta ini juga beresiko pada komputer anda nanti. Sudah pasti hal semacam ini sangatlah beresiko.

3. Aktifkan Sistem Restore Komputer
Aktifkan sistem restore juga sangat berpengaruh untuk komputer Anda supaya tidak gampang rusak. Caranya dengan click kanan pada icon my desktop komputer, lalu click properties Tab Sistem Restore Mencari tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, lalu menghilangkan sinyal centang pada samping kiri tulisan itu.


4. Matikan Komputer Sesuai dengan Ketentuan umumnya


Janganlah pernah mematikan Komputer lewat cara yg tidak umumnya, contohnya  segera mencabut kontak listrik pada Komputer. Teraturlah mematikan Komputer dengan menggunakan shutdown. Pakai stavolt untuk menghindari mati listrik mendadak. Atau bila anda teralu lama memakai komputer restart lah terlebih dahulu, agar seluruh sistem komputer kembali normal. Umumnya bila terlalu lama dipakai sistem komputer akan melemah.

5. Uninstal Program Yang Tak Bermanfaat/Tak Dipakai


Umumnya ruangan hardisk yang terlalu banyak terisi akan memperlambat sistem read/write hardisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak. Umumnya akan nampak tanda warning(!) jika space hardisk kita telah penuh. Sistem operasi windows telah mensupport akan hal yang seperti ini.

6. Cermati Ventilasi serta Pendingin Komputer


Ventilasi yang kurang baik akan mengakibatkan panas yang terlalu berlebihan sehingga bisa membuat komponen komputer akan cepat panas sehingga akan memperpendek umur komponen itu. Oleh karena itu upayakan jarak pada komputer serta dinding minimum 40CM. Supaya tambah baik lagi, Anda dapat memasang AC didalam ruangan serta memakai cooling fan ekstra didalam CPU.

7. Gunakan Kabel Ground


Bila casing komputer saat disentuh ada aliran listrik, ambillah kabel dengan panjang secukupnya. Ujung satu dikaitkan dengan CPU (pada casing) sedang ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal semacam ini akan menetralisir arus listrik yg ada sehingga membuat komponen elektronik lebih awet.


Selamat membaca…
SEMOGA ARTIKEL SANJAYANET  INI BERMANFAAT BUAT KALIAN SEMUA

GOOD SUCCESS !!!!!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "tips cara merawat komputer yang mudah dan cepat"

Post a Comment